Kamis, 18 Agustus 2011

Pengaruh Handphone terhadap prestasi belajar siswa


BAB 1
PENDAHULUAN

A.          Latar Belakang Masalah
Pelaksanaan penelitian ini berdasarkan pada keadaan anak-anak remaja sekarang yang dijadikan sebagai pelaku-pelaku kehidupan zaman sekarang. Di zaman era globalisasi ini mereka hidup dengan seiring perkembangan IPTEK yang memunculkan perangkat mutakhir yang kemampuan perangkat tersebut sangat jauh melaju cepat dibandingkan beberapa dekade yang lalu. Peralatan itu adalah handphone. Istilah handphone ini ada yang menyebutnya HP. Perkembangan teknologi semakin memasyarakat dikalangan anak didik. Hal ini merupakan suatu kebanggaan bagi orang tua, karena punya anak yang tidak ketinggalan zaman. Orang tua menyadari akan pentingnya HP bagi anaknya dengan berbagai alasan. Sehingga HP, dewasa ini bukan barang mewah lagi atau bukan kebutuhan sekunder, melainkan kebutuhan primer. Pergeseran nilai terhadap HP merupakan masalah baru bagi pelajaran ekonomi, “kalau demikian pengetahuan tentang kebutuhan primer dan kebutuhan sekunder dalam bidang ekonomi perlu disesuaikan”. Keberhasilan HP menggerogoti pikiran orang, tak disadari imperialisme budaya pun merajalela. kini HP adalah sakunya anak didik. HP juga mempengaruhi etika tingkah laku penggunanya. Dan HP dapat menjauhkan individu dari lingkungan masyarakat.
Permasalahan timbul sebenarnya bukan dari perangkat tersebut di zaman sekarang ini, akan tetapi kalangan pengguna perangkat tersebut yang menyalahgunakannya. Sekarang ini banyak anak-anak di bawah umur yang sudah menggunakan handphone dengan berisikan aplikasi atau software yang beberapa isinya sebenarnya tidak layak dioperasikan oleh anak-anak. Handphone menjadi karya baru yang begitu cepat perkembangannya, menjadi media komunikasi yang canggih dan tiada batasan. Selain dampak positif, ternyata juga menimbulkan dampak negatif yang tidak kalah besarnya dari dampak positifnya.

Pengawalan di dunia maya internet sangat longgar dan hampir tidak ada aturan yang mengikatnya. Perkembangan besar ini tidak direncanakan, jadi belum pernah ada seorangpun yang benar-benar berwenang atas world wide web. Sampai sekarangpun belum ada. Beberapa bagian web diorganisasikan sebagai contoh, alokasi nama ranah (domain/alamat web). Tetapi tak seorangpun yang menelusuri apa yang dimasukkan ke dalam web tersebut dan tidak ada aturan yang diterima secara internasional. Banyak orang merasa ini bagus, yang lainnya berpikir kita tetap membutuhkan kendali.
Seiring berkembangnya handphone, ternyata situasi psikologi anak juga mengalami reaksi yang beraneka macam kami ambil contoh dari siswa-siswi SMA Negeri 1 Driyorejo. Ada dari mereka yang menggunakan handphone untuk menambah nilai pelajaran sekolah, juga ada yang justru membuat siswa malas dan sering membuang waktu di depan handphone. Banyak juga yang menyalahgunakannya untuk bertindak dan bertingkah laku menyeleweng dari norma-norma yang berlaku di masyarakat. Lebih parah lagi ternyata budaya anak-anak juga semakin cepat pertumbuhannya, dengan ada aplikasi-aplikasi yang seharusnya hanya boleh dilihat oleh orang dewasa.

B.           Tujuan
Adapun tujuan dari karya tulis ilmiah ini:
1.      Mengetahui perkembangan handphone pada zaman sekarang.
2.      Mengetahui dampak dari penggunaan handphone.
3.      Untuk menjelaskan kemungkinan upaya dan jalan untuk tetap membangun prestasi belajar para remaja yang sudah dipengaruhi model negatif di handphone, dan upaya untuk mencegah para remaja dari terjebak dalam budaya menyeleweng di handphone.
4.      Untuk mengetahui pengaruh perkembangan handphone bagi pengguna kalangan remaja khususnya.
5.      Untuk mengetahui akibat bagi remaja jika para remaja tersebut dipisahkan atau dilarang menggunakan perangkat handphone.



C.          Manfaat
Beberapa manfaat yang dapat diberikan oleh karya tulis ilmiah ini:
1.      Bagi penulis, dapat mengetahui pengaruh handphone terhadap remaja masa kini.
2.      Bagi pembaca, penelitian ini sangat berguna terutama sebagai bahan untuk perkembangan motivasi siswa-siswi.

D.          Rumusan Masalah
Berdasarkan uraian latar belakang masalah di atas dapat dirumuskan permasalahan penelitian sebagai berikut:
1.      Bagaimana pengaruh perkembangan perangkat handphone bagi lingkungan?
2.      Bagaimana akibatnya jika para remaja dilarang menggunakan handphone?
3.      Bagaimana pengaruh handphone terhadap prestasi belajar siswa SMA Negeri 1 Driyorejo ?

















BAB II
Kajian Pustaka
A.          Pengertian
Agar tidak timbul salah pengertian dan penafsiran, maka penulis perlu menjelaskan arti kata-kata dan memberikan penegasan istilah yang terdapat dalam karya tulis ilmiah ini.
1.      Handphone
Handphone adalah perangkat keras bersifat organisatoris, dan meneruskan nilai-nilai sosial dengan siapa individu atau khalayak mengumpulkan, memproses, dan saling mempertukarkan informasi dengan individu atau khalayak lain. (http://proposal-penelitian-pengaruh-handphone-terhadap-motivasi-belajar)
2.      Era globalisasi
Era globalisasi adalah sebuah istilah yang memiliki hubungan dengan peningkatan keterkaitan dan ketergantungan antarbangsa dan antarmanusia di seluruh dunia dunia melalui perdagangan, investasi, perjalanan, budaya populer, dan bentuk-bentuk interaksi yang lain sehingga batas-batas suatu negara menjadi semakin sempit. (google.com)
3.      Prestasi
Prestasi yaitu segala sesuatu yang dicapai manusia secara maksimal dengan hasil yang memuaskan. (google.com)
4.      Internet
Internet adalah (inter-network) dapat diartikan jaringan computer luas yang menghubungkan pemakai computer satu computer dengan computer lainnya dan dapat berhubungan dengan computer dari suatu negara ke negara di seluruh dunia ,dimana didalamnya terdapat berbagai aneka ragam informasi. (google.com)
5.      Etika
Etika, yaitu ilmu tentang apa yang biasa dilakukan atau ilmu tentang adat kebiasaan. (Kamus Besar Bahasa Indonesia)




6.      SMA Negeri 1 Driyorejo
SMA Negeri 1 Driyorejo adalah lembaga pendidikan formal Sekolah Menengah Pertama yang bernaung di Kabupaten Gresik Provinsi Jawa Timur.
7.      Situasi psikologi
Situasi psikologi yakni keadaan yang menyangkut tentang jiwa/mental. (google.com)
8.      Radiasi
Radiasi adalah perpindahan suatu zat tanpa melalui media/perantara. (Kamus Besar Bahasa Indonesia)
























BAB III
Metode Penelitian

  1. Sumber Data
Sumber data dalam penelitian ini berasal dari hasil wawancara dengan siswa dan wali murid SMA Negeri 1 Driyorejo mengenai pengaruh handphone terhadap prestasi belajar siswa SMA Negeri 1 Driyorejo.

  1. Lokasi Penelitian
Area penelitian ini, secara umum, akan berlangsung di SMA Negeri 1 Driyorejo. Sedangkan secara khususnya, akan diadakan di tiga tempat yaitu kelas, perpustakaan dan kantin Secara keseluruhan lokasi penelitian ini dapat memberikan berita yang berupa hasil modernisasi, setelah pembangunan Jembatan Suramadu selesai, yang ada di Madura. Sekaligus menemukan dampak modernisasi terhadap ekonomi dan kebudayaan masyarakat Madura, yang hingga sekarang masih dilestarikan, seperti mitos-mitos, upacara ritual keagamaan, dan bentuk kebudayaan yang lainnya.

  1. Metode Pengumpulan Data
a.      Observasi
Yakni cara pengumpulan data dengan menggunakan pengamatan langsung ,terhadap yang diteliti. Pengamatan dilakukan untuk mendapatkan data-data berkaitan dengan SMA Negeri 1 Driyorejo, Proses Belajar Mengajar, serta kenyataan yang ada dalam prestasi belajar siswa SMA Negeri 1 Driyorejo.
Data yang didapat berdasarkan pengamatan yang kami lakukan :
·        Hampir semua siswa memiliki/menggunakan handphone di sekolah.
·        Banyak siswa tidak pernah lepas dari handphone baik waktu istirahat maupun waktu jam pelajaran.
·        Ada beberapa guru yang menggunakan handphone pada saat mengajar.
·        Siswa lebih memfokuskan diri pada handphone dibandingkan dengan pelajarannya.
·        Beberapa siswa menyimpan video/gambar porno di handphonenya.
·        Sedikit siswa yang menggunakan handphonenya hanya untuk keperluan sekolah.
·        Pengawasan guru kepada siswa terhadap pengaruh handphone terhadap prestasi siswa kurang ketat.

b.      Variable Penelitian
Variabel adalah segala sesuatu yang berbentuk apa saja yang ditetapkan oleh peneliti untuk dipelajari sehingga diperoleh informasi tentang hal tersebut, kemudian ditarik kesimpulannya :
·         Variabel Bebas
Adapun yang menjadi variabel bebas adalah “Pengaruh Handphone Terhadap Prestasi Belajar Siswa ” dengan indikator:
a.       Prestasi belajar siswa menjadi keharusan supaya pembelajaran efektif dan mengenai sasaran.
b.      Kemajuan Teknologi handphone tidak bisa dihalang apalagi dihentikan.
c.       Peralatan handphone selalu berkembang pesat dengan aplikasi yang semakin canggih.
·         Variabel Terikat
Adapun yang menjadi variabel terikat dalam penelitian ini “SMA Negeri 1 Driyorejo Tahun Pelajaran 2010/2011” dengan indikator:
a.       Larangan menggunakan handphone di sekolah pada jam Kegiatan Belajar Mengajar.
b.      Menghimbau supaya mengurangi menggunakan handphone di rumah.
c.       Larangan membuka internet untuk membuka informasi yang bersifat untuk orang dewasa.
d.      Meningkatkan pemanfaatan penggunaan handphone untuk kegiatan pembelajaran.

  1. Interview
Cara atau tehnik memperoleh data dengan cara tanya jawab dan bertatap muka dengan responden, dengan mencatat hasil wawancara (interview Guide). Interview ini peneliti di tujukan kepada siswa dan wali murid SMA Negeri 1 Driyorejo
(lampiran 1)

  1. Browsing
Browsing adalah pencarian informasi lewat internet. Hal ini dilakukan untuk menambah informasi yang akan lebih melengkapi data-data kami. Hasil browsing ini didapat dari sumber-sumber yang ada, dan akan dicantumkan di daftar pustaka.

  1. Metode Analisis Data
Metode analisis data ini dilaksanakan dengan observasi, interview dan browsing di lingkungan SMA Negeri 1 Driyorejo. Dilakukannya observasi sebagai langkah awal untuk penelitian dan pengkondisian area penelitian, interview kepada siswa dan wali murid SMA Negeri 1 Driyorejo sebagai pendekatan untuk menggali informasi mengenai pengaruh handphone kepada prestasi belajar siswa SMA Negeri 1 Driyorejo. Dunia informasi semakin canggih, menjadikan browsing sebagai metode analisis data. Variable penelitian sebagai penguat pernyataan yang diteliti dan ditulis pada karya tulis ilmiah yang berjudul ‘Pengaruh Handphone Terhadap Prestasi Siswa’. Berdasarakan hasil interview dan observasi yang diperoleh handphone dapat mengubah cara bergaul siswa yang berpengaruh pada prestasi belajarnya di sekolah. Beberapa siswa dan wali murid memberikan pernyataan bahwa penggunaan handphone yang tidak tepat guna  memberikan dampak buruk pada siswa.


Sedangkan siswa yang dapat memanfaatkan handphone dengan sebaik-baiknya akan mendapatkan imbal balik dari pemanfaatan tersebut. Dari hasil browsing juga di temukan banyak jurnal yang mengatakan bahwa banyak dampak yang ditimbulkan oleh handphone pada diri individu, salah satunya dalam kesehatan. Prestasi belajar siswa SMA Negeri 1 Driyorejo juga bergantung pada kesehatan siswa sendiri. Kesehatan yang terganggu oleh dampak radiasi handphone dapat membuat prestasi belajar siswa menurun.


























BAB IV
PEMBAHASAN

A.          Pengaruh Perkembangan Perangkat Handphone bagi Lingkungan
   Handphone merupakan salah satu dari perkembangan teknologi. dengan kecanggihan teknologi saat ini, fungsi handphone tidak hanya sebagai alat komunikasi biasa, tetapi manusia juga dapat mengakses internet, SMS, berfoto dan juga saling mengirim data. Dampak yang ditimbulkan dari handpone tidak pernah disadari oleh masyarakat. Selain memudahkan dalam berkomunikasi sebagai dampak positif yang manusia dapatkan, terdapat pula dampak negatif yang manusia dapatkan sebagai akibat menggunakan handphone atau telepon genggam ini.
   Perkembangan telepon seluler sekarang ini juga menjadi menarik untuk disimak karena konvergensi teknologi yang sekarang terjadi mengisyaratkan kita bahwa kemajuan teknologi komunikasi informasi sekarang ini tidak memiliki batas sama sekali. Sulit bagi kita sekarang ini membedakan mana masuk kategori ponsel, kategori komputer, kategori pemutar musik digital, maupun kategori kamera digital atau video digital. Tampaknya sudah tidak ada lagi batasan yang jelas antara berbagai teknologi yang tersedia sekarang ini di pasaran yang semuanya menjadi sebuah kesatuan dan berbagai fungsi terkumpul dalam sebuah perangkat, jika di bandingkan dengan zaman dulu perkembangan teknologi handphone tidak berkembang pesat seperti sekarang ini.
• dapat di lihat dari model handphone jaman dulu desainya sangat sederhana dan lebih cenderung simple,tidak seperti jaman sekarang,model handphone banyak yang berbentuk unik dan besar.
• zaman dulu layar handphone hanya bisa 1 warna atau sedikit.
• Ringtonenya masih pollyphonic.
• Belum bisa mengunakan lagu sebagai nada sambung.
Dan perkembangan yang semakin maju pada industri ponsel, dapat di lihat fenomena terlihat dengan semakin banyaknya perangkat ponsel yang penuh dengan berbagai ragam kemampuan multimedia, dan bahkan pada model-model tertentu sudah bisa menjadi fungsi komputer dengan kecepatan komputasi yang setara ketika komputer pertama kali digunakan secara massal oleh konsumen. di antara perkembangan kedua teknologi ini adalah persoalan desain. Rancangan desain ponsel sekarang ini beribu macam, dari yang sederhana sebagai sebuah ponsel belaka sampai tercanggih. Contohnya saja untuk handphone zaman sekarang, banyak yang sudah dilengkapi oleh kecanggihan teknologi seperti MMS, 3G, GPRS, ringtone juga semakin canggih (bisa mengunakan MP3 sebagai ringtone), warna untuk layar semakin banyak, dan untuk sekarang ini nada sambung handphone bisa mengunakan sesuai dengan yang kita inginkan.
·   MMS            : seperti pesan text biasa, tetapi untuk MMS dapat     melakukan pengiriman pesan beserta gambar.
·   3G          : telepon dengan lawan bicara, tetapi bisa di lakukan secara tatap muka (dan sekarang untuk handphone yang lebih canggih dilengkapi 3G, 5G dan 4G).
·   GPRS     : untuk internet, membuka email.
   Dengan semakin maju perkembangan teknologi handphone semakin membantu oran-orang dalam melakukan segala aktifitas, karena handphone dapat dikatakan sebagai idenditas seseorang.
   Sekarang ini perkembangan teknologi ponsel sangatlah menjanjikan apabila dilihat dari dunia bisnis. mereka memanfaatkan ide-ide kreatif mereka dengan hanya mengeluarkan modal yang tidak banyak tapi bisa menghasilkan keuntungan yang sebanyak-banyaknya. Seperti yang kita ketahui sekarang ini banyak sekali game-game yang bisa di download ke HP kita dengan mudahnya. Hanya dengan tinggal mengirimkan sms seharga kurang-lebih 2000 rupiah kita bisa mendapatkan game yang kita mau. Ataupun lagu-lagu yang baru-baru untuk dijadikan ringtone. Ataupun sekarang ini kita juga bisa mendownload foto-foto artis, mendapatkan sms dari artis favorit kita dengan hanya mengirimkan sms saja. Tidak hanya untuk hiburan saja kita juga bisa mendapatkan informasi atau berita dengan cara berlangganan maka tiap hari provider akan mengirimkan berita terbaru yang kita inginkan. Jadi dengan adannya bisnis ini, seperti terjadi adanya simbiosis mutualisme antara pengguna seluler dengan provider pasalnya dengan mengeluarkan uang kurang lebih 2000 kita juga akan mendapatkan informasi-informasi yang kita inginkan, seperti selebritis, berita, pendidikan sampai ramalan sehinga masing-masing pihak mendapatkan keuntungannya masing-masing. Tetapi tidak semua provider berlaku jujur karena terkadang walaupun kita telah memutuskan untuk tidak melanjutkan berlanganan lagi, tetapi mereka tetap memotong pulsa kita. Jadi kita sebagai consumen harus pintar-pintar memilih.

B.           Akibat Jika Para Remaja Dilarang Menggunakan Handphone
   PEMBERONTAKAN, itulah yang akan terjadi jika para remaja dilarang menggunakan handphone oleh gurunya sekalipun yang melarang orangtua mereka. Mereka yang sudah terbiasa hidup dengan selalu didampingi handphone sulit untuk dipisahkan. Sebagian sumber kami mengatakan, “ Kalau saya dilarang menggunakan handphone, bagaimana tentang komunikasi saya dengan teman-teman saya, apakah yang melarang saya akan menanggung urusan saya jika ada informasi penting???”. Dan faktanya, beberapa sekolah memberi peraturan kepada siswa-siswinya untuk tidak menggunakan/memakai handphone ke sekolah, namun gurunya membawa dan menggunakan hp ke sekolah bahkan ada beberapa guru yang menggunakannya disaat jam pelajaran. Hal ini membuat siswa beranggapan bahwa peraturan tersebut tidak adil, sehingga siswa masih tetap membawa handphone. Juga ada siswa yang tidak mau sekolah jika tidak diperbolehkan membawa handphone, tidak hanya itu saja mereka nekad mogok makan, mogok bicara, mengurung diri, dll. Tapi tidak semua remaja menolak jika dilarang menggunakan handphone sedikit dari mereka ada yang menurut pada guruya ataupun orang tuanya, dan akibatnya juga positif yaitu prestasi belajar menjadi meningkat karena hanya terfokus pada pelajaran.
 Hasil interview yang kami lakukan pada beberapa orang tua murid,“Di zaman dulu, ke sekolah tidak membawa hp, buktinya orang-orang zaman dulu banyak yang sukses. Kalau sekarang, TK saja ada yang bawa Hp, bagaimana pelajaran mau masuk kalau di kelas hanya dengerin MP3. Larangan membawa Hp ke sekolah saya setuju sekali. kalau alasannya untuk menghub keluarga, bisa pihak sekolah yg melakukannya dgn telp sekolah, kalau alasannya praktik biologi untuk memotret, bisa memakai kamera sekolah. Jadi sebaiknya jgn membawa ponsel ke sekolah, supaya proses belajar-mengajar berjalan lancar.” Pendapat salah satu orang tua dari siswa SMP Negeri 1 Driyorejo.

Seperti memisahkan anak ayam dari induknya, itulah sulitnya melarang para remaja untuk tidak menggunakan handphone di zaman era teknologisasi, ibarakan handphone adalah jantung mereka.

C.          Pengaruh Handphone Terhadap Prestasi Belajar Siswa SMP Negeri 1 Driyorejo
   PENGGUNAAN HANDPHONE SEBAGAI ALAT BANTU “CONTEK” PADA SISWA SEKOLAH
    Handphone sangat berpengaruh sekali terhadap prestasi belajar siswa, dari hasil survey ke beberapa siswa, kebanyakan siswa yang mempunyai hp waktu luangnya banyak tersita untuk smsan atau teleponan (bukan untuk belajar) bahkan ada sebagian siswa yang menggunakan alat komunikasi tersebut untuk saling berkomunikasi ketika saat ulangan. Jadi hp sangat berpengaruh sekali terhadap prestasi siswa. Bahkan siswa yang tadinya tidak mengenal handphone tapi prestasinya baik, namun ketika orangtuanya membelikannya handphone prestasi belajarnya menjadi menurun dikarenakan siswa tersebut terganggu konsentrasinya oleh kehadiran handphone (sibuk dengan handphonenya). Namun, ada juga yang prestasinya tidak terpengaruhi HP, karena dia hanya menggunakkan hp untuk keperluan komunikasi saja.
   Tetapi secara umum, ketika berbicara mengenai pengaruh handphone kepada prestasi siswa, ada dua sisi, yaitu sisi positif dan sisi negative. Positifnya adalah siswa tidak gaptek, siswa dapat mengikuti perkembangan era teknologisasi dunia dan siswa dapat lebih produktif, efektif dan efisien dalam waktu, energi dan biaya karena ada sarana komunikasi yang memudahkan urusannya. Namun, negatifnya adalah, oleh karena teknologi yang memiliki akses mudah ke banyak tempat, sebagian siswa akan memanfaatkannya untuk hal-hal yang negative (pornografi, plagiat/nyontek dll). Sebenarnya pengaruh HP terhadap prestasi siswa ialah tergantung dari siswa tersebut, apabila dia menggunakannya hanya untuk komunikasi saja maka prestasinya tidak akan terpengaruhi HP. Tapi apabila dia menggunakan handphone dengan berlebihan maka prestasinya akan terpengaruhi HP.

   Akhirnya, peran moral dalam kehidupan sangat penting ketika nilai-nilai moral telah tertanam dengan baik di kalangan siswa, maka penggunaan handphone justru menjadi sangat positif. Dalam arti kamulah yang harus mengendalikan handphone, jangan handphone yang mengendalikanmu.


























BAB V
KESIMPULAN DAN SARAN

A.          Kesimpulan
1.      Handphone berkembang dengan sangat cepat dan pesat, seiring berjalan waktu handphone semakin canggih (memuat banyak fitur/aplikasi) sehingga banyak orang yang ingin memiliki handphone.
2.      Para remaja semakin sulit dipisahkan dari handphone karena mereka sudah terlanjur mendarah daging dengan handphone. Mereka akan menolak/memberontak apabila dilarang menggunakan handphone. Namun apabila para remaja menerima larangan itu dengan besar hati maka mereka akan mendapatkan peningkatan pada prestasi mereka.
3.      Handphone sangat berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa-siswi SMA Negeri 1 Driyorejo. Pengaruh yang ditimbulkan ada yang positif dan ada juga yang negative. Namun yang menentukan pengaruh apa yang akan didapat tergntung dari siswa-siswi yang menggunakannya.

B.           Saran
1.      Tidak perlulah seorang remaja menggunakan handphone yang memiliki fitur-fitur yang berlebihan karena dapat mengganggu konsentrasi belajar dan akan memicu perampokan.
2.      Gunakan handphone seperlu mungkin (SMS/telephone jika penting) guna menghindari dampak negative dari penggunaan handphone.
3.      Manfaatkan fasilitas handphone untuk kegiatan sekolah, seperti browsing, pemotretan (bila dibutuhkan), dll.
4.      Kebijakan sekolah saat jam pelajaran guru ataupun murid dilarang mengoperasikan handphone.
5.      Perlu penegasan terhadap remaja dalam penggunaan handpone, baik dari guru maupun orang tua di rumah.





DAFTAR PUSTAKA

http://perkembangan-teknologi-handphone.html
http://penggunaan-telepon-seluler-handphone.html
http://pengertian-psikologi.html
http://Pengertian internet.htm
http://www.kompas.com























Daftar Riwayat Hidup

Nama lengkap                                     : Nanda Ayu Indarasati
Tempat, tgl-bln-thn kelahiran              : Surabaya, 28 Juli 1995
Jenis kelamin                                       : Perempuan
Kelas/No. Absen                                 : X -3 / 22
Hand Phone/ Email                             :  08813107201 /
                                                               radcliffe.nanda@yahoo.com
Latar belakang pendidikan                 :
Jenjang sekolah
Nama Sekolah
Tempat
(Kec/Kab/Kota)
Tahun lulus
SD
SDN Tanjungan
Driyorejo/Gresik
2007
SLTP
SMP Negeri 1 Driyorejo
Driyorejo/Gresik
2010

Alamat Orang Tua                                 :  Perumahan Griya Kencana blok      2DD/03 Mojosarirejo Driyorejo Gresik
No.telp. Orang Tua                                : -
Nama Orang Tua                                    : Moch. Suyanto
Pekerjaan Orang Tua                              : PNS
Pendidikan tertinggi Orang Tua            : SMA

Demikian Riwayat hidup ini saya buat dengan sesungguhnya dan dengan penuh tanggung jawab.


                                                                                    Surabaya, 13 Oktober 2010
           



                                                                                        Nanda Ayu Indarasati


3 komentar:

  1. Kak..
    trim's atas infonya..
    karya ilmiah kaka .. bagus..
    :)

    BalasHapus
  2. blog ini sangat membantu buat nylesaiin tgas penelitianku..terimakasih :)

    BalasHapus